Apa Yang di Maksud Dengan Condition Monitoring?

Condition monitoring adalah proses pemantauan/monitoring kondisi dalam mesin seperti getaran dan suhu untuk mengidentifikasi perubahan yang dapat menunjukkan adanya masalah dengan mesin. Condition monitoring adalah bagian dari predictive maintenance karena penerapan pemantauan kondisi memungkinkan pemeliharaan terjadwal dan tindakan pencegahan diambil untuk mencegah kegagalan lebih lanjut dan kemungkinan adanya downtime mesin yang tidak direncanakan di kemudian hari.

Performa mesin dapat mempengaruhi jumlah produksi yang dihasilkan dan kemampuan produksi akan sangat berpengaruh pada kelangsungan permintaan dan penawaran. Apabila permintaan meningkat kemampuan mesin untuk berproduksi lebih banyak sangat dibutuhkan sehingga mesin harus bekerja lebih ekstra.

Kini di era Industri 4.0 dengan bantuan teknologi digital, IoT pemantauan secara real-time bisa dilakukan. Teknisi dapat menjadwalkan pemeliharaan terencana sesuai kebutuhan, daripada hanya menjadwalkan pemeliharaan sesuai tanggal yang ditetapkan. Hal ini memungkinkan pemeliharaan dijadwalkan pada waktu yang lebih efisien.

Tertarik Dengan Produk Turck Automation Solutions??

Dapatkan penawaran harga spesial dan konsultasi gratiss!

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat kami disini ya!
Hallo ada yang bisa kami bantu?