“Pick-to-Light: Mengoptimalkan Efisiensi Pemilihan Barang di Pergudangan”

Dalam dunia logistik dan manajemen gudang, teknologi terus berkembang untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Salah satu teknologi yang telah membawa revolusi dalam operasi gudang adalah teknologi pick-to-light.

Pick-to-Light adalah sistem otomatisasi yang memandu operator gudang atau pemilih barang (picker) untuk memilih barang dari lokasi penyimpanan yang tepat. Sistem ini menggunakan lampu LED yang terpasang di rak penyimpanan atau rak pallet. Lampu-lampu ini dinyalakan untuk menunjukkan lokasi barang yang harus diambil dan jumlahnya.

Ada beberapa tahapan Pick-To-Light bekerja sebagai berikut: 

  1. Pemrosesan Pesanan : Saat pesanan masuk ke sistem, perangkat lunak akan menentukan lokasi barang di gudang.
  2. Penyusunan Tugas : Sistem akan mengirimkan instruksi ke lampu LED yang terhubung, menyorot lokasi barang yang harus diambil oleh picker.
  3. Pengambilan Barang :Picker akan pergi ke lokasi yang diberi tanda oleh lampu. Setelah mencapai lokasi tersebut, picker akan mengonfirmasi pengambilan barang dengan menekan tombol atau mengambil barang yang memicu sensor.
  4. Konfirmasi dan Pelaporan:Setelah pemilihan selesai, sistem akan mendapatkan konfirmasi bahwa barang telah diambil. Data ini juga dapat digunakan untuk melacak waktu pemilihan, produktivitas picker, dan keakuratan pesanan.

Adapun beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dengan memakai sistem PICK-TO-Light ini Peningkatan Produktivitas Sistem ini mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memilih barang dengan mengarahkan picker langsung ke lokasi yang tepat, menghemat waktu dalam proses pemilihan.Reduksi Kesalahan Dengan panduan visual langsung ke lokasi penyimpanan barang, kesalahan dalam pemilihan barang dapat dikurangi secara signifikan, meningkatkan akurasi pesanan.Penghematan Waktu Pelatihan Sistem ini mempermudah pelatihan operator baru dengan panduan visual yang intuitif.

Optimasi Penyimpanan Dengan data yang dihasilkan oleh sistem pick-to-light, gudang dapat mengoptimalkan penyimpanan barang untuk meningkatkan efisiensi.

Teknologi Pick-to-Light telah membawa perubahan signifikan dalam operasi gudang, menghasilkan proses yang lebih efisien, akurat, dan terukur. Dalam dunia yang terus berubah dengan tuntutan pasar yang semakin ketat, investasi dalam teknologi ini menjadi langkah penting untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi operasional perusahaan.

 

administrator

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Open chat
    Chat kami disini ya!
    Hallo ada yang bisa kami bantu?