“Inovasi dalam Pemantauan Kondisi Ruang Penyimpanan: Optimalisasi Keselamatan dan Kualitas Produk”

“Inovasi dalam Pemantauan Kondisi Ruang Penyimpanan: Optimalisasi Keselamatan dan Kualitas Produk”

Dalam dunia industri, pemantauan kondisi ruang penyimpanan telah menjadi kunci untuk mempertahankan kualitas produk dan keselamatan barang yang disimpan. Terutama dalam sektor farmasi, makanan, dan industri lainnya yang membutuhkan pengaturan suhu, kelembaban, dan lingkungan yang tepat.

Teknologi baru dalam pemantauan kondisi ruang penyimpanan telah mengubah cara industri menjaga kualitas produk. Sistem pemantauan otomatis yang terhubung dengan sensor-sensor canggih memberikan kemampuan untuk memantau suhu secara real-time, kelembaban udara, kadar oksigen, dan faktor-faktor lingkungan penting lainnya.

Tidak hanya memantau, tetapi teknologi ini juga memberikan kemampuan untuk mengatur dan menyesuaikan parameter ruang penyimpanan secara otomatis. Ini memberikan respons yang cepat jika ada fluktuasi lingkungan yang tidak diinginkan, memastikan kualitas produk tetap terjaga.

Selain memperbaiki kualitas produk, pemantauan kondisi ruang penyimpanan juga memainkan peran penting dalam kepatuhan regulasi. Data yang terus dipantau dan tercatat membantu perusahaan untuk memenuhi standar keamanan dan kepatuhan regulasi yang diperlukan.

Maka dari itu TURCK & BANNER hadir dengan sensor suhu dan kelembapan gabungan (M12MFTH) mengirimkan data melalui node DX80 bertenaga baterai ke gateway nirkabel DX80 di kabinet sakelar. Dari sana, data dikirim melalui Modbus RTU ke Turck Cloud Gateway (TCG20), yang kemudian mengirimkan data ke Turck Cloud melalui Wi-Fi atau UMTS. Berkat koneksi nirkabel, tidak diperlukan akses ke jaringan perusahaan, sehingga melewati kemungkinan hambatan keamanan untuk akses jaringan.

 

Adapun beberapa kelebihan yang di dapatkan sebagai berikut ;

  1. Keamanan data di Cloud terjamin karena menggunakana housting lokal
  2. Konsistensi dalam hal pengukuran menjadikan tren yang berkelanjutan
  3. Instalasi sangat cepat dengan solusi pemantaun kondisi nirkabel ujung ke ujung
  4. Laporan data berupa file  CSV.

 

Data ditransmisikan dari TCG20 ke Cloud melalui protokol cloud Kolibri terenkripsi, yang memenuhi persyaratan keamanan paling ketat (transmisi data terenkripsi sesuai dengan TLS 1.3, AES128/AES256). Turck Cloud Solutions dapat dihosting di pusat data Turck atau di lokasi di server pelanggan. Hal ini memungkinkan solusi cloud pribadi tanpa koneksi Internet.Cloud Dashboard dengan jelas menunjukkan kepada pengguna data dari semua sensor. Tidak diperlukan pengetahuan pemrograman untuk menyiapkan tampilan atau mengonfigurasi pemberitahuan alarm otomatis melalui SMS atau email — Pendekatan Turck adalah “konfigurasi, bukan pemrograman.” Siapa pun yang terbiasa dengan pengoperasian perangkat lunak PC standar akan dapat mengonfigurasi pencatatan tren jangka panjang atau pembuatan laporan sebagai file CSV. Sistem pemantauan kondisi meningkatkan keamanan saat memantau ruang penyimpanan sekaligus memerlukan penggunaan staf dan sumber daya yang minimal.

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat kami disini ya!
Hallo ada yang bisa kami bantu?